Senin, 03 Juni 2013

Ke Kalimantan Tengah Makan Sayur Umbut Rotan :D

Jelajah kuliner kali ini mau bahas masakan khas Kalimantan Tengah. Salah satu kuliner yang menjadi favorit warga disini adalah sayur umbut rotan. Kedengarannya unik banget yah? Bukannya rotan itu yang biasa dibuat untuk membuat furniture atau anyaman? XD

Tapi jangan salah, rotan yang dipilih untuk membuat masakan ini adalah rotan yang masih muda. Rasanya memang agak sedikit pahit, tetapi rasa gurih dari sayur umbut rotan ini juga begitu terasa di lidah.


Kulinerplus
Sayur Umbut Rotan
Cara memasak umbut rotan ini memang cukup sulit. Pertama-tama kita harus membersihkan duri yang menempel di umbut rotan. Lalu kulitnya dibuang dan bagian dalamnya yang agak lunak dipotong dengan ukuran kecil (sesuai selera). Untuk kuahnya, dibutuhkan bahan seperti kemiri, kunyit, lengkuas, bawang putih, bawang merah, dan garam.

Umbut rotan biasanya dicampur dengan ubi keladi yang telah dipotong-potong, dan dicampur bumbu-bumbu sayuran. Menurut warga setempat, makanan ini akan terasa lebih nikmat jika ditemani ikan bakar, seperti ikan patin atau baung. Nikmat pula jika dibarengi dengan ikan seluang goreng, sambal serai dan Mandai (cempedak yang dipotong kecil dan digoreng) yang juga menjadi makanan khas Palangkaraya.

Makanan khas Kalimantan Tengah ini hanya dapat dijumpai di rumah makan tertentu. Sebab selain sulit untuk mendapatkan bahan baku rotan muda, sebagian warga jarang membuatnya, kecuali warga dari daerah pedalaman.



Sumber : banjarmasin.tribunnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar